Welcome to GO GREEN REVOLUTION's Blogsite

Kamis, 18 Maret 2010

Taman kota

Indahnya bila melihat Taman Asri yang terletak di dalam Kota yang Sibuk

Fungsi ekologis, memposisikan taman kota sebagai penyerap dari berbagai polusi yang diakibatkan oleh aktivistas penduduk, seperti meredam kebisingan maupun yang paling signifikan adalah menyerap kelebihan CO2, untuk kemudian dikembalikan menjadi oksigen (O2). Pada dasarnya dalam satu hari setiap manusia membutuhkan ½ kilogram Oksigen dan sebuah pohon menghasilkan 1 Kg Oksigen. Artinya, dalam satu hari, ada dua orang manusia yang membutuhkan satu pohon untuk memenuhi kebutuhan oksigen-nya.

Fungsi yang kedua adalah fungsi estetis, di mana taman kota dapat mempercantik estetika sebuah kota. Apalagi dengan mempertahankan keaslian-nya.

Fungsi yang terakhir adalah fungsi sosial, di mana taman kota menjadi tempat bagi berbagai macam aktivitas sosial seperti aktivitas olahraga, rekreasi, diskusi, dan lain-lain. Fungsi ini pada dasarnya menjadi kebutuhan warga kota sendiri yang secara naluri membutuhkan ruang terbuka untuk ber-sosialisasi sekaligus menyerap energi alam.

Tiga fungsi ini yang mendasari pembuatan Taman Kota... Dan jika ketiga unsur ini ada, maka Taman Kota secara otomatis akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Faktor lainnya adalah masyarakat itu sendiri...Bagaimana tingkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Contoh Fungsi Taman Kota yang sangat bermanfaat bagi masyarakat:

Bersepeda sambil menghirup udara segar.



Nikmat bukan ? Tentu segala kalangan umur ingin merasakan asyiknya bersepeda bersama keluarga. Melihat pemandangan yang asri dan segar, dan bukan melihat asap mengepul yang dikeluarkan oleh asap pembuangan Kendaraan. Tentu saja Kalian jenuh melihat pemandangan seperti ini kan ?



Maka dari itu, kita perlu sekali membangun Taman di dalam Kota yang sibuk. Bukan soal biaya, tapi soal ke-nyamanan dan keasrian bumi kita !! Ya Nggak ?? Kan enak tuh, melihat Kota Jakarta yang asri penuh dengan Taman Hijau, disertai dengan sentuhan warna-warni kecil yang digoreskan oleh bunga-bunga. Waah... Dijamin, semua orang akan betah tinggal di Kota senyaman itu !

Posted By: Ilham Rein

Edited By: Tiara Murli Adila

0 Komentar: