Welcome to GO GREEN REVOLUTION's Blogsite

Kamis, 18 Maret 2010

Mendaur Ulang Sampah

Cara Mendaur Ulang Sampah

Caranya gampang, kok. Contek saja jurus ampuh yang sering dipraktikan para pecinta lingkungan, yaitu jurus 3R yang berarti: Reduce (mengurangi jumlah pemakaian), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang barang bekas jadi barang layak pakai).

Reduce, terutama untuk sampah plastik. Karena plastik adalah salah satu bahan yang sangat sulit terurai. Dengan mengurangi penggunaan plastik, kita sudah menyumbang pelestarian lingkungan. Caranya antara lain: menolak kantong plastik bila tak terlalu perlu. Sebaiknya bawalah tas sendiri saat berbelanja. Kalau makan, belilah sesuai porsi agar mengurangi sisa makanan. Gunakan kertas di kedua sisinya, dan jangan coret-coret bila tak perlu. Sebisa mungkin kurangi produk yang memakai baterai dan gunakan produk yang kemasannya bisa diisi ulang.

Reuse terutama untuk produk dari botol plastik dan kaca, yang mengurainya makan waktu sampai ratusan tahun. Jangan remehkan penggunaan kembali kertas bekas. Menurut The Body Shop, perusahaan kosmetik asing yang peduli lingkungan, sampah kertas yang dibuang warga Jakarta sehari, sama dengan menebang 10.710 batang pohon. Jadi, manfaatkan baik-baik kertas yang sudah dipakai. Bisa untuk sampul, kertas kado, bahkan dijadikan memo. Amplop bekas pun masih bisa dipakai lagi buat mengirim surat.

Recycle untuk sampah organik kita bisa dijadikan kompos. Tapi, mungkin mendaur ulang Sampah Anorganik mungkin kita belum bisa. Maka, usaha maksimal yang bisa kita lakukan ialah memisahkan mana sampah Organik, mana yang Anorganik (plastik, logam, dan kaca). Tempatkan sampah Anorganik dalam wadah berbeda, lalu berikan kepada yang lebih membutuhkan (misal, Pemulung. Itu akan sangat bermanfaat buka ?). Mereka ini yang akan membawa sampah Anorganik kita ke produsen industri yang bisa mendaur ulang sampah Anorganik tersebut.

Nah, sudah tau bukan, begitu banyak sekali manfaat Mendaur Ulang sampah Organik maupun Anorganik. Berminat untuk mencoba ??

Posted by: Ilham Rein

Edited by: Tiara Murli Adila

0 Komentar: