Welcome to GO GREEN REVOLUTION's Blogsite

Sabtu, 20 Maret 2010

Bahan Bakar Bio Energi

Bahan Bakar Bio Energi ternyata sangat bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat, maupun lingkungan

Kalian pasti pernah mendengar, mengenai Bahan Bakar yang berasal dari bahan Nabati, atau semacam Bio Energi. Bila kalian menemukan di belakang sebuah Bus Pemerintah bertuliskan, "Mobil ini berbahan bakar Bio-Diesel". Nah, mungkin ini ada hubungannya dengan itu. Maka dari itu, mari ketahui lebih lanjut mengenai Bahan Bakar Bio-Energi !


Bio-Energi, alias Energi berbasis bahan Hayati, mencakup dua kategori energi komersial. Yang pertama dan lebih utama adalah Bahan Bakar Nabati (BBN atau Biofuels), yang kedua adalah listrik berbasis Biomassa (Biomass-Based Blectricity). Pengembangan industri BBN dewasa ini menjadi arus utama dinamika sektor energi di seluruh dunia. Ini bisa dimaklumi mengingat, ditengah bergeloranya kehendak untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM) yang mengakibatkan pemanasan global, BBN merupakan bahan bakar yang paling mudah dibuat dari aneka sumber energi terbarukan yang ada (Biomassa, Panas bumi, Tenaga air, Tenaga angin, Sinar surya, dan sebagainya).



Karena BBM berperan sangat kritikal dalam sektor transportasi, maka produksi dan pemanfaatan dua BBN yang sesuai untuk penggunaan dalam transportasi darat, yaitu Bioetanol dan Biodiesel (masing-masing untuk bahan campuran/pengganti Bensin dan Solar) menjadi fokus perhatian berbagai negara. Fakta dewasa ini bahwa keduanya dibuat dari bahan pangan, yaitu Bioetanol dibuat dari bahan Berkadar gula/ Bersari pati, sedangkan Biodiesel dibuat dari minyak Nabati, menimbulkan kekhawatiran bahwa penyediaan BBN akan bersaing dengan (dan mengancam ketersediaan) pangan. Kekhawatiran ini mengakibatkan sebagian diantara kita sudah “Berteriak-teriak” dan mengambil posisi menentang pengembangan BBN.

Kita sebenarnya tak perlu terlalu mengkhawatirkan terjadinya persaingan “Pangan v.s Bahan Bakar” tersebut, karena Para Riset dan pengembang teknologi BBN sebenarnya telah lama menyadari bahaya itu dan kini sedang melakukan (Bahkan hampir menuntaskan) pengembangan teknologi BBN generasi kedua. Ini adalah teknologi pembuatan BBN dari bahan-bahan yang secara ilmiah dikenal dengan nama bahan lignoselulosa dan mencakup antara lain: Bagas Tebu, Jerami dan Sekam Padi, Batang dan Tongkol Jagung, Tandan Kosong Sawit, dan Kayu (Perhatikan bahwa contoh-contoh yang disebut adalah sebagian besar dari sisa panen produk pangan). Pabrik Biodiesel generasi kedua yang pertama (disebut pabrik biodiesel BTL atau Biomass-To-Liquids) telah mulai beroperasi tanggal 18 April 2008 di Freiberg, Jerman, memproduksi 18 juta liter/tahun Biodiesel BTL dari bahan mentah limbah kayu (Dahan, Ranting, dan sisa pemotongan).

Sudah tahukan ? Informasi mengenai Bahan Bakar Bio-Energi... Hmm, perlu kalian ketahui, bahwa sangat bermanfaat sekali bila kita menggunakan Bahan Bakar Bio Energi. Karena ? Kita dapat mengurangi tingkat polusi di Dunia ini... Dengan begitu, kita dapat membuat Revolusi yang sangat baik untuk Bumi kita ! Mudah-mudahaaan, Bahan Bakar Bio-Energi ini dapat terealisasikan di seluruh belahan Dunia ya !

Posted By: Ilham Rein, Tiara Murli Adila

Edited by: Tiara Murli Adila

0 Komentar: